Add This

Bookmark and Share

SEPUTAR BATIK


Batik adalah kesenian menggambar diatas kain atau pakaian. Awalnya batik hanya dipakai oleh keluarga atau kerabat kerajaan, namun sesuai perkembangan kain batik tidak hanya dipakai oleh keluarga raja atau kerabatnya tetapi saat ini sudah menjadi kebudayaan yang dipakai oleh kalangan masyarakat luas.
Pada zaman dahulu bahan pewarnaan yang digunakan untuk membantik adalah dari campuran dari bahan bahan tumbuhan yang dapat membentuk warna namun perkembangan sekarang sudah menggunakan bahan obat yang merupakan bahan dari kimia, walaupun demikian saat ini pengarjin batik masih ada yang melestarikan bahan pewarna batik dari tumbuhan namun jumlahnya sangat sedikit.
Menurut sejarah perbatikan ini sudah dikenal sejak abad XVII di jaman Majapahit. Awalnya orang membatik menggunakan media daun lontar dan coraknya terbatas gambar binatang dan tumbuhan, tetapi sekarang sudah beragam.
Di solo (Surakarta) ada perkampungan batik yang terkenal yang mempunyai kualitas baik dan harga yang terjangkau yaitu kampung batik Laweyan dan kawasan wisata batik kauman. Selain itu di Solo juga bermunculan ide kreasi untuk menjadikan batik menjadi bahan sandal batik yang unik ada dapat melihat disini http://kiossandalbatik.blogspot.com
Akhir akhir ini batik diklaim Malaysia yang merupakan bagian dari budayanya, padahal jelas-jelas batik sudah merupakan budaya Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEPUTAR BATIK"

Posting Komentar